Rabu, 27 Mei 2009

VISIT "DANAU RANAU" 2010
















VISIT "DANAU RANAU" 2010

Seb
agai putra asli Sumsel (ibu kelahiran Ranau dan Ayah kelahiran Baturaja) saya merasa punya kewajiban untuk mempromosikan tanah kelahiran, dengan harapan akan berdampak positif ke perkembangan tanah kelahiran maupun image bagi komunitas Sumsel (Palembang) di tanah rantauan terutama Jakarta.

Walaupun saya pribadi jarang pulang kampung, tapi kerinduan akan indahnya Danau Ranau tak pernah si
rna. Melalui tulisan ini, ijinkan saya menceritakan sedikit tentang Danau Ranau, serta mengajak putra-putra Sumsel untuk bahu-membahu memajukan tanah kelahiran. Sekaligus meminta izin jika ada foto-foto dari blog kawan-kawan yang saya pakai untuk memperlengkap laman ini.

Karena
kurangnya promosi baik dari pemerintah maupun dari putra asli Ranau sendiri, keberadaan Danau Ranau banyak yang belum diketahui oleh turis baik domestik maupun mancanegara.

Padahal jika dibandingkan dengan danau yang lainnya Danau Ranau mempunyai daya tarik tersendiri karena keunikannya serta keindahan dan daya pesona yang luar biasa.

Dengan diapit Gunung Se
minung serta jejeran Bukit Barisan, serta sawah-sawah yang terbentang di pinggir danau dan lebatnya kebon kopi, membuat Danau Ranau bak lukisan Indonesia Molek di zaman Kompeni. Apalagi dengan iklim sejuk seperti di puncak, tentu akan membuat Anda lama berbetah-betah disana.












Kehidupan masyarakatnya yang masih tradisional (petani dan nelayan), serta rumah-rumah model lama yang masih terbuat dari kayu dengan model panggung, akan membuat Anda merasa kembali ke masa-masa tempo doeloe.



Tatkala perut tera
sa lapar, Anda bisa menikmati santapan khas Ranau yaitu "Sambol Pajak Iwa Mujair" yaitu makanan khas yang terbuat dari cabai, tomat kecil, santan, dan ikan mujair yang direbus. Makan bersama dengan sanak keluarga dan handai taulan (istilah orang Ranau: "sukakhema" di pinggir Danau Ranau dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang akan membuat Anda lupa bahwa Anda sudah menghabiskan 2 piring nasi. :-)

Deskripsi diatas adalah sebagian kecil dari betapa indahnya tempat kelahiran saya.

MARI KITA SEMUA ke
DANAU RANAU.

VISIT "DANAU RANAU" 2010

Penulis akan terus mengupdate foto-foto terbaru, untuk menjadi referensi Anda berlibur.


Jika Anda ingin berlibur ke Danau Ranau (Sumatera Selatan)

Ada 2 pilihan, jika berangkat dari Jakarta:


Jika naik pesawat ke Palembang maka Anda bisa naik travel atau sewa mobil di Palembang (dengan rute Palembang - Kayu Agung - Prabu Mulih - Batu Raja - Muara Dua - Ranau) atau naik bus Palembang - Ranau.

Jika Anda membawa mobil pribadi maka rutenya: Jakarta - Merak - naik kapal Ferry - Bakauheni - Bandarlampung - Kotabumi - Bukit Kemuning - Liwa - Sukau - Ranau.



Bagi putra asli Danau Ranau khususnya dan OKUS (Ogan Komering Ulu Selatan) umumnya mari kita bahu membahu untuk memajukan tanah nenek moyang tercinta.


--------------------------


Berikut petikan dari WIKIPEDIA tentang Danau Ranau

--------------------------------------

Danau Ranau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Terletak pada posisi kordinat 4°51′45″LS,103°55′50″BT

Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk.

[sunting] Daya tarik

Danau terkenal sering para nelayan untuk mencari ikan seperti mujair, kepor, kepiat, dan harongan.

Juga sebagai kota wisata yang menakjubkan, disana banyak sekali pemandangan yang indah. Tepat di tengahnya terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Disana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun, dan penginapan.

Danau ini juga menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, terutama pada musim liburan tiba dan hari raya idul fitri.

Dan pada tahun 2007 kemarin danau ini telah diresmikan oleh Bupati Lampung Barat, sebagai pusat wisata baru di wilayah Lombok kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat.


---------------------------------------------------------------

Berikut petikan dari website INFOKITO mengenai Danau Ranau:


Wisata Danau Ranau

Ditulis oleh infokito™ di/pada 25 November 2007

Danau Ranau merupakan danau terbesar dan terindah di Sumatera Selatan yang terletak di kecamatan Banding Agung Kabupaten UKO Selatan (dahulu masuk dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu). Berjarak sekitar 342 km dari kota palembang, 130 km dari kota Baturaja, dan 50 kilometer dari Muara Dua, ibu kota OKU Selatan, dengan jarak tempuh dengan mobil sekitar 7 jam dari kota Palembang. Sementara dari Bandar Lampung, danau ini bisa ditempuh melalui Bukit Kemuning dan Liwa. Secara geografis, danau ini terletak di perbatasan Kabupaten OKU Selatan Propinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat Propinsi Lampung.

Danau Ranau yang mempunyai luas sekitar 8×16 km dengan latar belakang gunung Seminung (ketinggian ± 1.880 m dpl), dikelilingi oleh bukit dan lembah. Pada malam hari udara sejuk dan pada siang hari cerah suhu berkisar antara 20° – 26° Celsius. Terletak pada posisi 4°51′45″ bujur selatan dan 103°55′50″ bujur timur.

Menurut legenda yang ada, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan/belahan itu. Dan lama-kelamaan lubang besar itu penuh dengan air. Kemudian di sekeliling danau baru itu mulai ditumbuhi berbagai tanaman, di antaranya tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakanlah Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.

Pada sisi lain di kaki gunung Seminung terdapat sumber air panas alam yang keluar dari dasar danau. Di sekitar danau ini juga dapat ditemui air terjun Subik. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Marisa yang terletak tidak jauh dari air panas.

Kami, satu rombongan, menyempatkan menginap di wisma VARITA Pusri yang terletak di tepi danau Ranau ini. Tempat yang strategis untuk menikmati keindahan danau ini.

-----------------------------------------------------------------------------------


DANAU RANAU

"keindahan Danau yang dikelilingi oleh gunung dan bukit barisan"

------------------------------------------

klik gambar dibaw
ah ini untuk melihat
foto-fotoDanau Ranau

http://visitdanauranau.blogspot.com



---------------------
-------------------


kembali ke Menu Awal

http://deranau.blogspot.com


***

1 komentar: